Minggu, 18 Desember 2011

Jalan Baru Utara Waiwerang


Putar-putar keliling lewat jalan baru yang melewati bagian utara Waiwerang. Jalan baru dimulai dari Riangmuko dan melewati bagian utara Lamahala. Kabarnya, ini adalah jalur utama, dan sangat strategis untuk pengembangan wilayah perkotaan. Tentu saja sangat bagus kalau langsung disusul dengan perencana dan tataletak kota yang bagus, misalnya untuk pasar baru.
Soal pasar lama Waiwerang, tentu sudah tidak layak sebab menyatu dengan pertokoan, Puskesmas, kawasan militer, sekolah, dan perkantoran lain. Dengan adanya jalur baru, pasti akan segera tumbuh kawasan pemukiman baru.
Perencanaan yang bagus boleh melokalisir kawasan industri, pergudangan dan usaha perbengkelan di suatu kawasan, hal mana bisa berpengaruh terhadap kemajuan kota. Pengalaman menunjukkan bahwa tempat usaha industri, perbengkelan dan lainnya berbaur dalam pemukiman bisa berpengaruh terhadap kesehatan dan kenyamanan warga kota.
Jika suatu lokasi usaha semacam itu sudah lama beroperasi, biasanya penegakan aturan terkait tataletak wilayah jadi terganggu. Mengambil contoh kasus di Larantuka, ijin tempat usaha oleh salah satu pengusaha disalahgunakan untuk tempat gudang. Aksi bongkar muat stok barang berlangsung di situ yang sangat menganggu aktivitas aktivitas warga lainnya, apalagi lokasinya yang di pinggir jalan. Meski sudah diperingatkan, aktivitas di lokasi tersebut kini tampak masih berlangsung.
Penentuan peruntukkan kawasan memang sangat penting, umpamanya untuk pembangunan jalan, saluran air, listrik dan sebagainya. Contohnya, untuk jalan, kita bisa melihat bahwa kelas jalan untuk kendaraan tonase besar hanya dibatasi dari pelabuhan ke daerah industri, dan tidak diperkenankan melewati kawasan pemukiman dan kawasan lainnya lainnya. Biasanya, kerusakan jalan banyak pula disebabkan lalu lalangnya kendaraan ini pada kelas jalan di bawahnya. Untuk jalur listrik, misalnya, kawasan vital seperti rumah sakit sedapat mungkin berada pada satu jalur yanh dibebaskan dari pemadaman. Contoh pada hunian saya dulu, yang menyatu dengan kawasan rumah sakit, tidak pernah mendapat pemadaman bergilir. Padahal warga lainnya berulangkali mengalami pemadaman. Tentu saja ada kawasan-kawasan lain, yang misalnya membutuhkan daya tinggi dari listrik, yaitu kawasan industri. (smpt)
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: