Rabu, 02 September 2015

Cara Memasukkan Baris Code Macro dengan Editor Visual Basic.

Pada M.S. Word, baris code macro tertentu dapat anda gunakan untuk menjalankan perintah yang tidak anda temui pada program. Contoh misalnya perintah untuk memasukkan file teks dari satu folder ke dalam halaman M.S.Word. 
Sering dalam pekerjaan maupun kegiatan harian, saya mengetik teks-teks pendek di notepad pada ponsel berbasis java. Biasanya adalah ponsel No*ia atau umumnya ponsel China. Dulu, laporan logsheet pembangkit pun saya gunakan cara serupa. Input datanya saya ketik di ponsel biasa. Teks dan angka tersebut kemudian saya kirim ke ponsel lain dalam bentuk file-file kecil sebesar 1 kb. File-file kecil ini jumlahnya cukup banyak. Biasanya satu file per hari atau lebih kalau ada catatan lain. Memang, saya kadang membuat catatan harian yang saya simpan dalam file file kecil. Sebagian besar tulisan di blog ini pun sebenarnya saya ketik di ponsel dua belas tombol. File-file inilah yang kemudian saya simpan dalam satu folder.
Persoalan di sini adalah betapa ribetnya menyalin file-file kecil ini, yang kadang mencapai puluhan hingga ratusan per bulan, ke dalam satu lembar file M.S. Word atau Excel. Dalam M.S. Word sendiri tidak ada menu untuk memasukkan teks teks tersebut. Sementara kalau  memasukkannya secara manual dengan copy paste pasti akan sangat memakan waktu.
Di sinilah code macro tertentu dapat dibuat untuk membantu. Caranya, dari halaman M.S. Word, bukalah editor visual basic dengan menekan tombol alt+f11. Klik insert lalu pilih pilih modul. Sebuah halaman visual basic editor terbuka untuk anda. Paste code macro pada halaman tersebut.
Ini dia kodenya:
Sub Import_Text()
Application.ScreenUpdating = False
Dim strFolder As String, strFile As String, wdDoc As Document, txtFile As Document
strFolder = GetFolder
If strFolder = "" Then Exit Sub
strFile = Dir(strFolder & "\*.txt", vbNormal)
Set wdDoc = ActiveDocument
While strFile <> ""
  Set txtFile = Documents.Open(FileName:=strFolder & "\" & strFile, AddToRecentFiles:=False, Visible:=False, ConfirmConversions:=False)
  wdDoc.Range.InsertAfter txtFile.Range.Text & vbCr
  txtFile.Close SaveChanges:=True
  strFile = Dir()
Wend
Set txtFile = Nothing: Set wdDoc = Nothing
Application.ScreenUpdating = True
End Sub

Function GetFolder() As String
Dim oFolder As Object
GetFolder = ""
Set oFolder = CreateObject("Shell.Application").BrowseForFolder(0, "Choose a folder", 0)
If (Not oFolder Is Nothing) Then GetFolder = oFolder.Items.Item.Path
Set oFolder = Nothing
End Function
Kemudian, tutuplah editor tersebut dan simpan dokumen word anda dengan ekstensi docm (macro enabled).
Untuk menjalankan macro tersebut, silahkan klik view dari halaman word anda, klik anak panah ke bawah/drop down di bawah macros, klik view macros, klik pilihan anda lalu klik run. Maka akan muncul opsi jelajah folder. Silahkan pilih folder anda lalu klik OK. Tunggu beberapa saat hingga dokumen anda otomatos masuk ke halaman Word.

Perhatikan bahwa dokumen tersebut dimasukan berurutan sesuai nama file. Jadi, sebelum memasukkannya, anda mesti membuat nama file secara berurutan.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: