Minggu, 30 April 2017

Surat Keterangan Polisi, Kapan Digratiskan?

source: all-free-download.com

Saya terhitung paling sering kehilangan barang kecil kecil semacam ATM, flashdisk dan benda-benda serupa. Entahlah untuk memori otak saya yang terbatas ini, benda tersebut dianggap tidak penting untuk diingat. Dan setiap kali hilang, misalnya ATM, saya selalu mengurus supaya dibuatkan yang baru. Saya sering mampir ke kantor polisi untuk urusan ini. Mereka membantu menyiapkan surat keterangan kehilangan supaya kartu saya dibuatkan penggantinya oleh pihak bank.
Di kapolsek Adonara Timur, biaya pengurusan terbilang cukup mahal: tiga puluh ribu. Terhitung sudah beberapa kali saya kehilangan ATM sehingga saya pun mulai khawatir bisa-bisa petugas bank akan mengingat wajah saya dan menolak untuk membuatkan yang baru terus menerus seperti itu.
Sekian kali mengurus di Waiwerang, saya banting stir ke Maumere. Saya dengar info dari seorang teman kalau kita bisa menguruskan ATM baru dimana saja andaikata hilang. Ia sendiri pernah melakukan hal yang sama. Ia ceriterakan rinci prosesnya. Saya pun ikut yang ia katakan. Persyaratan seperti KTP pun saya siapkan. Lalu meluncur ke sentra pelayanan surat keterangan di Kapolres Maumere. Letaknya dekat pintu masuk sebelah timur Kantor Kapolres Sikka.
Wah, mengejutkan. Pelayanannya benar-benar sigap dan ramah. Setelah menjabat tangan dan memperkenalkan nama, si petugas menanyakan maksud kedatangan saya. Saya menyampaikan keinginan saya dan langsung diarahkan ke meja mana saya nanti akan dilayani.
Di antrian ada sekitar tiga orang lagi. Tak sampai lima menit, sampailah giliran saya. Saya pun menuju ke meja layanan. KTP dan buku rekening saya serahkan. Si petugas dengan sigap menyelesaikan pekerjaannya. Tiga menit berselang, berkas selesai diprint. Usai terima berkas, saya ambil dompet dan menanyakan biaya jasa layanan tersebut.
“Oh, tidak perlu bayar Dik. Gratis kok,” kata Kak Polwan cantik sambil tersenyum ramah. Saya kaget terheran-heran. Wah, baru kali ini dapat pelayanan  sigap. Bahkan gratis lagi. Saya ini dari kabupaten tetangga lho, tetapi tetap saja dilayani dengan sempurna tanpa membeda-bedakan.
Dengan mengucapkan banyak-banyak terimakasih, saya pun undur diri menuju BRI Maumere untuk dibuatkan ATM yang baru. Semoga tak hilang lagi yah....
Pembaca sekalian, ini pengalaman saya di kabupaten tetangga. Semoga pelayanan serupa akan saya dapat di Adonara-Flores Timur suatu hari nanti.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: