Selasa, 25 Juni 2013

Dermaga Waiwerang: Tempat Memancing Kala Liburan

Gambar: http://www.therealman.org


Ke mana liburan anak anda? Hari-hari liburan seperti ini ada baiknya dimanfaatkan untuk bertualang. Setelah sekian bulan kesibukan di ruang belajar, tentu anak-anak menginginkan situasi di luar ruangan yang dapat memancing kembali vitalitas mereka. Salah satunya adalah dengan memancing ikan.
Kegiatan memancing ikan tampak ramai dilakukan di dermaga Waiwerang. Pada liburan Senin pagi pukul enam kemarin, sekitar sepuluh anak usia SD hingga SMP tampak memancing di ujung dermaga. Dalam air, ratusan ikan besar dan kecil tampak berkeriapan di antara batu-batu karang. Kantong ikan si pemancing kelihatan tak mengecewakan benar isinya. Tiap pemancing sudah mendapat tiga ekor ikan sebesar telapak tangan orang dewasa. Namun salah satu kesulitan memancing di sini adalah karena adanya arus yang menyebabkan umpan pancing dapat hanyut jika agak lama dibiarkan.
Lokasi Dermaga Waiwerang memang belum dimanfaatkan sebagai tempat bongkar muat karena belum diresmikan oleh pejabat terkait. Dermaga yang belum digunakan ini sering tampak dipadati oleh pemancing, baik dari anak-anak hingga orang dewasa. Tentu saja dengan leluasa bisa digunakan oleh peminat kegiatan memancing untuk sementara ini. Namun jika tempat ini sudah digunakan untuk aktivitas bongkar muat maupun lalulintas angkutan, kegiatan ini tidak dapat sebebas sebelumnya. Tetapi jangan kecewa. Masih banyak tempat mancing lain yang bisa anda manfaatkan oleh anak-anak, tentu saja dengan pengawasan orang tua atau anak yang telah berpengalaman.
Dari laut, banyak sekali jenis ikan yang bisa dibawa pulang bila anak anda bertekun. Ada ikan pehada, ikan besi, ketuko, nenas, dan sejumlah jenis ikan lainnya dalam sebutan bahasa setempat.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: